Pendidikan Berperan Dalam Membangun Akidah yang Benar Tentang Islam

Pendidikan Berperan Dalam Membangun Akidah yang Benar Tentang Islam
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (kedua kiri) menghadiri Seminar Internasional bertajuk Peran Perguruan Tinggi Dalam Penguatan Pemikiran Islam Moderat di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta. Foto: Gilang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Al Azhar Indonesia bersama Rabitah Al Alam Al Islami (Liga Islam Dunia) menggelar Seminar Internasional bertajuk Peran Perguruan Tinggi Dalam Penguatan Pemikiran Islam Moderat.

Tampak hadir dalam Seminar yang digelar di Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al Azhar Indonesia, Senin (14/8), antara lain Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Ketua Pembina YPI Al Azhar Jimly Asshiddiqie, dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin.

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Ahmad Lubis menekankan pentingnya peran pendidikan dalam membangun akidah, pemikiran, dan pemahaman Islam yang benar di kalangan umat Islam.

"Peran perguruan tinggi sangat penting dalam mengajarkan nilai, hakikat, dan prinsip di Islam yang benar dengan tepat serta terbebas dari pemikiran maupun ajaran menyimpang," kata Ahmad.

Dia menyatakan, perguruan tinggi berperan untuk menghadapi tantangan yang berkaitan dengan pengetahuan, pemikiran, dan wacana moderasi Islam.

Selain itu, perguruan tinggi bisa berperan dalam kampanye etika saat menyikapi perbedaan di tengah umat Islam dan memperkuat semangat kebersamaan di tengah masyarakat dengan tujuan mewujudkan kemaslahatan.

"Seminar ini mempertegas peran perguruan tinggi dan pengaruh dalam menghadapi tantangan," tutur Ahmad.

Sementara, Sekretaris Jenderal Rabithah Al Alam Al Islami Muhammad bin Abdulkarim Alissa menekankan semangat lembaga untuk menyuarakan hakikat Islam yang sejati dan prinsip-prinsip toleran. Mereka juga mengkampayekan penguatan sikap moderat dan menunjukan sikap terbuka terhadap berbagai pemikiran serta kebudayaan.

Universitas Al Azhar Indonesia bersama Rabitah Al Alam Al Islami (Liga Islam Dunia) menggelar Seminar Internasional bertajuk Peran Perguruan Tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News