Pendiri WikiLeaks Tunggu Putusan Ekstradisi

Pendiri WikiLeaks Tunggu Putusan Ekstradisi
Pendiri WikiLeaks Tunggu Putusan Ekstradisi
LONDON - Kelanjutan proses hukum Julian Assange segera diputuskan. Kemarin (7/2), pendiri situs whistleblower WikiLeaks itu menjalani hearing ekstradisi di Pengadilan Tinggi Belmarsh, Thamesmead, London. Selanjutnya, pengadilan akan memutuskan apakah pria 39 tahun itu disidangkan di Inggris atau Swedia.

   

"Jika pemerintah Swedia menang dan berhasil mengekstradisi klien saya, maka dia akan menjalani persidangan tertutup yang jelas-jelas melanggar hukum," kata Geoffrey Robertson, pengacara Assange, dalam wawancara dengan Agence France-Presse.

Rencananya, hearing ekstradisi pria kelahiran Australia itu akan digelar dua hari berturut-turut di kawasan tenggara London tersebut. Sejak Assange menyerahkan diri kepada Kepolisian Metro London pada 7 Desember 2010, pemerintah Swedia terus-menerus mendesak Inggris supaya mengekstradisi bapak satu anak itu.

Tuntutan itu diajukan setelah dua perempuan Swedia mengaku diperkosa dan dilecehkan secara seksual oleh Assange. Tapi, pria berambut putih itu membantah keras tuduhan tersebut.

LONDON - Kelanjutan proses hukum Julian Assange segera diputuskan. Kemarin (7/2), pendiri situs whistleblower WikiLeaks itu menjalani hearing ekstradisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News