Penegakan Hukum dan HAM terus Melemah

Penegakan Hukum dan HAM terus Melemah
Penegakan Hukum dan HAM terus Melemah
JAKARTA - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) menilai pemerintah maupun aparat penegak hukumnya masih belum serius mengimplementasikan penegakan hukum seperti yang digembar-gemborkan selama ini. "Selama ini penegakan hukum masih sebatas jargon, kalapun ada upaya penegakan hukum  namun itu tidak menyentuh kelas elitnya," kata Direktur LBH Nurkholis Hidayat  kepada wartawan  di Jakarta Rabu (22/12).

Sebaliknya Nurkholis menuding, kasus-kasus besar yang menyita publik justru sengaja dikaburkan. "Hingga pada akhirnya dibiarkan menguap tanpa bekas," Nurkholis menegaskan. Karena itu, Nurkholis menandaskan selama tahun 2010 ini, penegakan hukum dan HAM sepanjang tahun 2010 ini menurun.

Menurunnya indikator penegakan hukum, menurut Nurkholis, karena masih banyaknya perkara yang sudah menyita perhatian publik justru banyak yang menguap. Kondisi ini sangat bertentangan dengan ekspeksi warga. "Banyak kasus yang indikasinya justru dibikin kabur," Nurkholis menegaskan. Kondisi ini diperparah dengan sikap Presiden yang mengangkat Kapolri, Jaksa Agung maupun Ketua KPK yang melawan arus dari kehendak publik. "Presiden cenderung permisif dan kompromis dengan memilih orang-orang yang dapat diterima semua kalangan dan tidak membahayakan stabilitas didalam internal lembaga aparat penegak hukum," cetus Nurkholis.

Dalam kondisi seperti ini, lanjut Nurkholis lagi, LBH memandang perlunya pemerintah untuk kembali menunjukan kehendaknya yang kuat dan memimpin proses penegakan hukum dan HAM tanpa pandang bulu.

JAKARTA - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) menilai pemerintah maupun aparat penegak hukumnya masih belum serius mengimplementasikan penegakan hukum seperti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News