Peneliti Australia Cari Cara Tercepat Menuju Sistem Planet Lain

Peneliti Australia Cari Cara Tercepat Menuju Sistem Planet Lain
Alpha Centauri B akan menjadi lebih jelas keberadaannya dalam waktu segera karena terobosan ilmiah dari ANU di Australia. (Reuters)

Peneliti di Canberra mengatakan mereka telah memecahkan kode untuk memungkinkan pesawat ruang angkasa bisa mencapai sistem planet lain yang lebih jauh, dengan kecepatan yang jauh lebih besar.

Pesawat ruang angkasa itu sangat kecil dan halus, sehingga para ilmuwan berencana mengirimkannya lebih dari satu pesawat. 

Mereka berharap dapat berhasil mencapai ke sistem planet Alpha Centauri, tanpa terganggu debu angkasa di jalur perjalanannya.

Pencapaian ini "sangat menarik" karena memiliki potensi untuk memungkinkan kita merekam informasi dari sistem planet yang paling dekat dengan bumi tersebut.

Waktu perjalanannya diperkirakan akan mencapai selama 20 tahun.

Dibandingkan dengan jarak sekitar 44 tahun yang dihabiskan pesawat luar angkasa jenis Voyager 2 untuk menjelajahi Uranus dan Neptunus.

Peneliti utama dari proyek ini adalah Chathura Bandutunga, ahli astrofisika di Australian National University di Canberra.

Ia mengaku ketika solusi perjalanan ke sistem planet lain ditemukan, ada semacam "momen eureka". 

Sains belum pernah menemukan sebuah cara untuk mencapai sistem planet lain, tetapi peneliti asal Australia belum berhenti berusaha mencarinya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News