Peneliti Peringatkan Potensi Bencana Selama Oktober, Mohon Waspada!

Peneliti Peringatkan Potensi Bencana Selama Oktober, Mohon Waspada!
Ilustrasi - Seorang ayah menggendong anaknya di tengah banjir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengimbau masyarakat di sejumlah daerah mewaspadai potensi banjir dan tanah longsor pada Oktober 2021.

Menurut peneliti klimatologi BRIN Erma Yulihastin, potensi bencana itu didorong curah hujan tinggi sepanjang Oktober.

Wilayah yang perlu dipantau seperti Aceh, Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, Maluku bagian selatan (sekitar Ambon) dan daerah pegunungan Papua.

"Daerah-daerah ini mempunyai probabilitas sangat tinggi untuk mendapat curah hujan deras yang dapat menimbulkan banjir dan tanah longsor," kata Erma, Jumat.

Dia menuturkan pada Oktober 2021 sebagian besar wilayah Indonesia kemungkinan besar sudah memasuki musim hujan.

Kemungkinan besar terjadi angin kencang dan gelombang laut di Laut Arafura dan Laut Banda, sedangkan di Laut Jawa mempunyai kemungkinan yang kecil.

Sedangkan pada November 2021 sebagian wilayah Jawa mulai memasuki musim hujan. Sedangkan pada Desember 2021 Nusa Tenggara akan memasuki musim hujan.

Erma mengatakan hujan di barat Indonesia mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Agustus dan rata-rata hujan pada September.

Peneliti BRIN mengimbau masyarakat di sejumlah daerah waspada pada potensi banjir dan tanah longsor selama Oktober 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News