Penelitian Baru di Australia: Jalan Sambil Main Ponsel Tingkatkan Risiko Jatuh

Penelitian Baru di Australia: Jalan Sambil Main Ponsel Tingkatkan Risiko Jatuh
Penelitian terbaru menunjukkan meningkatnya sejumlah risiko bagi seseorang yang berjalan sambil main HP. (ABC News: Mark Leonardi)

Banyak orang mungkin sudah menyadari adanya risiko saat berjalan sementara mata menuju layar ponsel. Misalnya Anda mau membalas pesan dengan cepat, tapi kepala menunduk sambil berjalan.

Kampanye bahaya menyetir sampai main hape mungkin sudah banyak, tapi belum cukup yang menyoroti bahayanya saat berjalan kaki.

Studi eksperimental dari Neuroscience Research Australia di University of New South Wales (UNSW) Australia membuktikan risiko semakin meningkat kalau berjalan sambil memainkan ponsel.

Peneliti Matthew Brodie menjelaskan risikonya meningkat sampai 80 persen orang saat orang menundukkan kepalanya.

Matthew ingin memastikan apakah berjalan kaki sambil mengirim pesan itu aman atau tidak?

"Saya ingin tahu apakah bahaya ini nyata atau cuma khayalan. Jadi kami mengukur risikonya berulang-ulang," jelasnya.

Matthew dan peneliti lainnya Yoshiro Okubo merekrut 50 orang dewasa muda yang sehat dari kampus UNSW untuk ambil bagian dalam eksperimen mereka.

Bagaimana eksperimen dilakukan

50 mahasiswa yang menjadi partisipan diminta untuk melakukan enam tugas berjalan dan satu tugas duduk dilakukan secara acak.

Penelitian terbaru di Australia menemukan bermain ponsel sambil berjalan, seperti mengirim pesan bisa meningkatkan risiko terpeleset dan jatuh

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News