Penerapan Oneway Saat Arus Mudik Diharapkan bisa Urai Kemacetan

Penerapan Oneway Saat Arus Mudik Diharapkan bisa Urai Kemacetan
Kepadatan (macet) lalu lintas saat arus mudik di tol. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah berupaya untuk memperlancar arus mudik 2019, khususnya kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Jawa Barat dan Jawa Tengah di jalan tol Trans Jawa.

Terkait penanganan pergerakan kendaraan di jalan tol, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, kebijakan penerapan jalur satu arah atau oneway akan lebih difokuskan.

"Saat ini masih terus didiskusikan sampai akhir minggu ini, untuk kemudian difinalisasi dan disosialisasikan," ujar Budi.

Rencananya oneway akan diberlakukan pada puncak arus mudik yaitu pada  30-31 Mei dan 1-2 Juni mulai pukul 06.00 WIB selama 24 jam. Untuk lokasi dimulai dari KM 29 sampai KM 262 (exit Brebes Barat). 

Sedangkan untuk arus balik akan diberlakukan pada 8-10 Juni 2019 dimulai pukul 06.00 WIB selama 24 jam, dari KM 189 (Palimanan) sampai KM 29 (Cikarang Utama).

“Diharapkan penerapan oneway bisa memperlancar arus kendaraan sehingga waktu tempuh masyarakat dari Jakarta ke arah Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur akan lebih singkat," tutur Budi.

"Akhir minggu ini akan kami putuskan dan akan kami sosialisasikan, karena ini berkaitan dengan jalan keluar kemacetan dan persiapan untuk kabupaten-kabupaten yang menerima limpahan kendaraan yang keluar dari one way tersebut,” imbuh Budi.

Berdasarkan survey dari Badan Litbang Perhubungan, Jawa Barat merupakan kota kedua tujuan mudik paling banyak dari arah Jakarta.

Akhir minggu ini akan kami putuskan dan akan kami sosialisasikan, karena ini berkaitan dengan jalan keluar kemacetan dan persiapan untuk kabupaten-kabupaten yang menerima limpahan kendaraan yang keluar dari one way tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News