Penerima KUR Capai 3,1 Juta Debitur

Penerima KUR Capai 3,1 Juta Debitur
Penerima KUR Capai 3,1 Juta Debitur
JAKARTA - Hingga 31 Agustus 2010, sekitar 3,1 juta debitur di seluruh Indonesia tercatat telah menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan pemerintah. Penyaluran KUR itu berasal dari sekitar 20 bank penyalur KUR yang telah ditunjuk pemerintah, dengan nilai (total) mencapai Rp 7,6 triliun.

"Dari target Rp 13,1 triliun di tahun 2010, yang sudah tersalurkan mencapai 58,3 persen atau Rp 7,646 triliun. Kita optimis hingga akhir tahun nantinya, bisa melebihi dari target kinerja yang Rp 13,1 triliun," ungkap Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, kepada wartawan, Kamis (16/9), di Jakarta.

Dengan jumlah penerima KUR yang mencapai 3,1 juta debitur, Hatta mengatakan bahwa program pemerintah ini bisa berdampak langsung pada turunnya tingkat kemiskinan dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Kalau angka detailnya memang saya tidak pegang secara rinci, tapi kalau data kualitatif, satu debitur bisa mempekerjakan sekitar 4-5 tenaga kerja. Kalau 3,1 juta debitur, tinggal dihitung saja. Berdasarkan data BPS, 1 persen pertumbuhan ekonomi bisa menyerap sekitar 400 ribu tenaga kerja. Artinya, kontribusi KUR dan PNPM itu jelas," kata Hatta.

Sejak dicanangkan tahun 2007 lalu, Hatta mengatakan bahwa program KUR disambut baik oleh masyarakat. Terbukti katanya, telah muncul pengusaha-pengusaha mikro baru yang memanfaatkan KUR sebagai modal usaha mereka. "Dari 2,9 juta penerima KUR, sekitar 400 ribu lebih (telah) naik kelas dari usaha mikro menjadi sedang. Kita inginnya terus demikian, agar daya saingnya merata secara keseluruhan," tegas Hatta lagi. (afz/jpnn)

JAKARTA - Hingga 31 Agustus 2010, sekitar 3,1 juta debitur di seluruh Indonesia tercatat telah menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News