Penetapan Ramadhan 31 Agustus

Penetapan Ramadhan 31 Agustus
Penetapan Ramadhan 31 Agustus

jpnn.com - JAKARTA—Penetapan awal Bulan Ramadhan 1429 H akan dilakukan setelah keputusan sidang itsbat pada 31 Agustus mendatang. Menurut Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Prof Dr Nasaruddin Umar, kemungkinan besar umat Islam di Indonesia awal puasanya sama.

"Kapan awal bulan puasa akan ditetapkan pemerintah setelah sidang itsbat yang akan diikuti anggota Badan Hisab dan Rukyat, pimpinan ormas-ormas Islam," kata Nasaruddin.

Lanjutnya, ketinggian hilal saat pengamatan pada akhir bulan Syaban mencapai angka 3 derajat di atas ufuk, di bagian barat. Sedangkan di bagian timur 5 derajat diatas ufuk.

"Kemungkinan bisa dirukyat," kata Dirjen seraya berharap pada saat pengamatan nanti langit di tanah air dalam kondisi yang cerah. Sebab, jika mendung bisa mengundang masalah.

Menanggapi keputusan salah satu ormas Islam yang menetapkan awal Ramadhan melalui perhitungan hisab hakiki wujudul hilal jatuh pada 1 September, Nasaruddin menghargai keputusan itu. Namun menurut dia, keputusan yang mengikat bagi masyarakat muslim di Indonesia tetap dilakukan setelah sidang itsbat oleh pemerintah dalam hal ini Departemen Agama.

"Fiqh telah mengatur persoalan yang bersifat kemasyarakatan perlu dan dibenarkan adanya campur tangan pemerintah (ulil amri) untuk mencapai kemaslahatan umum termasuk penentuan awal bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah. (esy)

 

 

JAKARTA—Penetapan awal Bulan Ramadhan 1429 H akan dilakukan setelah keputusan sidang itsbat pada 31 Agustus mendatang. Menurut Dirjen Bimbingan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News