Penetrasi Digital Dorong Pertumbuhan Kinerja SILO

Penetrasi Digital Dorong Pertumbuhan Kinerja SILO
Pasien bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis lewat aplikasi MySiloam. Foto dok. Siloam Hospitals

jpnn.com, JAKARTA - PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) berhasil mencatat pertumbuhan kinerja signifikan pada 2022 yang didukung oleh platform digital.

Anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor pelayanan kesehatan ini telah mengembangkan sistem umpan balik pasien digital yang disebut SOFAS (Siloam Online Feedback Aggregator System). Pasien dapat memberikan umpan balik langsung yang akan diterima secara real-time oleh tim yang terdedikasi.

Group CEO LPKR John Riady mengatakan dengan menanggapi masukan pasien secara real time, SILO dapat meningkatkan pengalaman dan meningkatkan layanan lebih baik berdasarkan masukan pasien.

Adapun SOFAS telah berhasil di implementasikan di seluruh jaringan RS Siloam. Pada 2022, SILO mencatat sekitar 80% umpan balik yang masuk dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 24 jam.

"Siloam menyediakan berbagai saluran pelayanan kepada pasien, seperti telepon, website, aplikasi, chatbot, live chat, dan WhatsApp," terang John Riady dalam pernyataan resminya, Kamis (11/5).

Dia melanjutkan pemesanan pasien melalui saluran ini tercatat meningkat. Kunjungan pasien rawat jalan (OPD) dari saluran digital mencapai 425.954 pasien pada 2022 atau meningkat 109% YoY. Pertumbuhan pendapatan dari saluran digital pun melonjak 2,3 kali lipat pada 2022 dibandingkan tahun 2021.

Siloam juga berkomitmen melanjutkan investasi platform digital untuk lebih meningkatkan pengalaman pasien. Seiring dengan meningkatnya popularitas saluran digital SILO, jumlah pasien yang diperoleh secara digital juga meningkat. 

Saluran digital SILO, ujar John Riady, termasuk live chat dan WhatsApp, berkontribusi sebesar 21 persen terhadap total Kunjungan Rawat Jalan per Desember 2022.

Group CEO LPKR John Riady mengatakan dengan menanggapi masukan pasien secara real time, SILO dapat meningkatkan pengalaman dan meningkatkan layanan lebih baik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News