Pengadaan Radar Bandara Soekarno-Hatta Dipercepat

Pengadaan Radar Bandara Soekarno-Hatta Dipercepat
Pengadaan Radar Bandara Soekarno-Hatta Dipercepat
JAKARTA- Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa mengatakan pemerintah sangat serius memperhatikan insiden kegagalan sistem radar pada Bandara Soekarno-Hatta yang terjadi pada Minggu (29/8) lalu. Karena itu, Hatta secara khusus menggelar rapat koordinasi terbatas untuk membahas penyebab dan solusi mengatasi gangguan sistem bandara Soekarno-Hatta tersebut.

Usai rapat, kepada wartawan Hatta menjelaskan bahwa kegagalan sistem radar kemungkinan karena sudah tua-nya peralatan di bandara Soewarna. Bandara ini dibangun hampir seperempat abad lalu yakni tahun 1984 dan baru beberapa kali dilakukan pembenahan meski tidak secara menyeluruh.

"Analisis penyebab yang pertama karena ini dibangun sekitar tahun 1985-1986. Semuanya didesain untuk melayani 400-500 movement (penerbangan). Sekarang sudah 2.000 movement. Jadi perlu dilakukan upaya maksimal untuk meningkatkan keandalan," kata Hatta.

Meski usianya sudah tua, kata Hatta lagi, namun back up sistem data saat ini masih aman. Apalagi setiap sekali dalam sebulan dan rutin 2 kali seminggu selalu dilakukan evaluasi terhadap sistem radar yang ada. Namun karena fungsi radar bandara terbukti masih saja terganggu bahkan sempat tidak berfungsi, Pemerintah pun akhirnya mengambil kebijakan baru.

JAKARTA- Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa mengatakan pemerintah sangat serius memperhatikan insiden kegagalan sistem radar pada Bandara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News