Pengalaman Istri Diplomat RI di Australia Dalam Buku

Pengalaman Istri Diplomat RI di Australia Dalam Buku
Pengalaman Istri Diplomat RI di Australia Dalam Buku

Mendampingi suami yang bertugas sebagai diplomat di negara tujuan adalah bagian dari perjalanan hidup Myra Junor dan Syifa Fahmi. Dua mantan perempuan karir ini paham betul ritual adaptasi yang harus mereka hadapi setiap menginjakkan kaki di tempat baru, termasuk Australia. Tapi ada saja momen-momen tak terlupakan yang mereka kenang dan kini, dibukukan dalam kumpulan cerita ‘Di Balik Gerbang’.

Myra Junor dan Syifa Fahmi adalah para istri diplomat Indonesia yang pernah bertugas di Australia. Bersama kelima rekan mereka (Andis Faizsyah, Angela Widowati, Lona Hutapea, Tyas Santoso, dan Utami Witjaksono), sesama istri diplomat, mereka menerbitkan buku berjudul ‘Di Balik Gerbang’.

Kumpulan cerita ini berisi pengalaman mereka dan keluarga selama mendampingi suami bertugas di negeri orang. Lewat buku yang baru diterbitkan (21/6) lalu di Jakarta, ke-7 perempuan ini ingin menyampaikan pesan bahwa diplomasi tak mutlak milik diplomat. Istri dan anak-anak adalah bagian tak terpisahkan dari dunia diplomasi yang digawangi para suami.

Myra dan Syifa, dua di antara 7 pendamping diplomat tersebut, turut menuturkan kisah mereka selama tinggal di Canberrra dan Sydney. Beberapa kejadian tak terduga sempat mereka alami saat awal-awal menetap di negara tetangga Indonesia ini.

Pengalaman Istri Diplomat RI di Australia Dalam Buku
Myra Junor berpose di depan Ilama saat ia mendampingi suami bertugas di Australia.

Supplied

Cerita krisis air di Canberra

“Jadi ceritanya waktu kami mendarat, ya kami kan tidak tahu apa-apa tentang Canberra ya, tahunya ini negara maju, everything’s fine. Jadi ketika baru akan mendarat, ternyata dari atas nggak terlihat hijau, kami kaget,” kenang mantan Jurnalis TV swasta ini.

“Padahal katanya penuh hutan ya, harusnya hijau dong, karena kami juga nggak tahu cuacanya seperti apa di sana. Eh ternyata semua pada kering sekali, rumput-rumput warnanya kecoklatan semua. Saya lantas membatin ‘Ini kok seperti kekeringan ya?’. Itu kesan pertama saya,” sambung Myra, istri mantan diplomat Indonesia di Canberra, Eko Junor.

Mendampingi suami yang bertugas sebagai diplomat di negara tujuan adalah bagian dari perjalanan hidup Myra Junor dan Syifa Fahmi. Dua mantan perempuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News