Pengalaman Jusuf Kalla Berpuasa di Turki dan Spanyol

Pengalaman Jusuf Kalla Berpuasa di Turki dan Spanyol
Wakil Presiden Jusuf Kalla berbagi pengalaman berpuasa di Turki dan Spanyol di hadapan pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Foto: Juneka/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla berbagi pengalaman berpuasa di Turki dan Spanyol. Dua negara ini merupakan negeri yang sama-sama pernah menjadi wilayah kekuasaan Islam.

Hanya saja yang membedakan saat ini, di Turki mayoritas penduduknya beragama muslim dan di Spanyol yang mayoritas nonmuslim.

Pengalaman berpuasa di Turki itu dia lalui pada awal puasa tahun ini, tepatnya saat mengikuti agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul, Turki pada 18 Mei lalu. Kebetulan saat itu, Sidang KTT digelar menjelang berbuka puasa.

”Pertemuan pertama jam 5 sore menjalang berbuka. Sampai Maghrib saya pikir tentu kita ishoma (istirahat solat makan). Kalau kita (di Indonesia), tidak ada ishoma orang protes pada hari biasa, apalagi puasa,” ujar JK saat menyampaikan pidato dalam pertemuan dengan pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Kamis (31/5).

Ternyata dalam sidang itu tidak ada ishoma. Namun para peserta sidang KTT diberi kurma dan nasi kotak. Lantas sidang berjalan biasa. Kemudian JK pun menyampaikan peryataan sikap pemerintah Indonesia atas peristiwa di Palestina.

”Jangankan tarawihnya, Magribnya aja tidak. Ya betul saya jamak (karena) musafir. Tapi Erdogan (Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan) kan tinggal di Turki di Istanbul,” ungkap JK.

Kemudian, JK menceritakan saat berpuasa di Spanyol sekitar sepuluh tahun lalu. Di sebuah kafe dia memesan kopi bersama rombongannya. sebelumnya, mereka baru saja naik pesawat dari Amerika Serikat singgah ke Frankfurt lantas ke Madrid.

”Jam 6 saya pikir sudah lewat puasa. Saya turun, teman-teman sudah banyak. Terus kemana kita ini? oh kita jalan jalan sambil cari minum kopi saya bilang,” papar JK.

Wakil Presiden Jusuf Kalla berbagi pengalaman berpuasa di Turki dan Spanyol di hadapan pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News