Pengamanan Pemilu Mulai Maret

Pengamanan Pemilu Mulai Maret
Pengamanan Pemilu Mulai Maret
JAKARTA - Untuk kebutuhan pengamanan pemilu 2009, pihak kepolisian telah menyiapkan 200 ribu personilnya. Jumlah sebanyak itu akan disebar di seluruh Indonesia. Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri menjelaskan, operasi pengamanan pemilu diberi nama Operasi Mantab Brata 2009.

"Awal Maret 2009 kita akan menggelar pasukan secara serentak di seluruh Indonesia untuk operasi Mantab Brata tersebut," ungkap Bambang HD saat rapat kerja dengan Komisi III DPR di Senayan, Senin (9/2). Operasi ini juga akan mendapat bantuan dari personil TNI.

Mengenai penyebaran personilnya, Bambang HD memerinci, satu kekuatan setingkat batalyon di tempatkan di tingkat Polda, satu kesatuan setingkat Kompi di tingkat Polwil atau Poltabes, dan satu peleton di tingkat Polres.

Bambang HD mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang potensi kerawanannya cukup tinggi. Mapping daerah rawan ini juga sudah disertai dengan rencana langkah-langkah yang akan diambil ketika situasi sudah tergolong darurat. "Contigency plan juga sudah kita siapkan," ucapnya.

JAKARTA - Untuk kebutuhan pengamanan pemilu 2009, pihak kepolisian telah menyiapkan 200 ribu personilnya. Jumlah sebanyak itu akan disebar di seluruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News