Pengamat Apresiasi Erick Thohir Gabungkan Pengelolaan Dana Pensiun Lewat IFG

Pengamat Apresiasi Erick Thohir Gabungkan Pengelolaan Dana Pensiun Lewat IFG
Kantor Kementerian BUMN. Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik Sugiyanto mengapresiasi kebijakan Kementerian BUMN yang mengonsolidasikan dana pensiun (Dapen) di seluruh perusahan milik BUMN di bawah pengelolaan Indonesia Financial Group (IFG).

Sugiyanto menilai rencana penggabungan itu selaras dengan upaya Erick Thohir dalam melakukan tata kelola dan memutus rantai praktik korupsi.

Namun, menurut Sugiyanto, lebih baik lagi lebih memperkuat pengawasan agar kasus-kasus sebelumnya tidak terulang seperti kasus mega korupsi di PT Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero).

“Tujuan Kementerian BUMN mengalihkan pengelolaan dana pensiun BUMN ke IFG sangat baik, jika alasan utamanya adalah tata kelola dan menghindari terjadinya praktik korupsi. Kebijakan tersebut sangat tepat,” kata Sugiyanto, Rabu (1/6).

Menurut Sugiyanto, dari sisi kebijakan pengelolaan dana pensiun dalam satu atap di IFG merupakan kebijakan yang baik.

Sugiyanto menjelaskan dana pensiun BUMN sangat besar hingga perlu ada kebijakan yang tepat, yakni meningkatkan pengawasan yang melekat.

Pasalnya, jika pengawasan diperketat, maka peluang terjadinya tindakan korupsi sangat kecil terjadi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir tengah berencana untuk menggabungkan pengelolaan investasi dana pensiun. Ini dipandang akan memberikan keuntungan tersendiri bagi peserta dana pensiun.

Pengamat Kebijakan Publik Sugiyanto mengapresiasi kebijakan Erick Thohir mengonsolidasikan dana pensiun di seluruh perusahan milik BUMN di bawah IFG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News