Pengamat: Arah Kepemimpinan Airlangga Bawa Golkar ke Urutan Dua pada Pemilu 2024

Pengamat: Arah Kepemimpinan Airlangga Bawa Golkar ke Urutan Dua pada Pemilu 2024
Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Partai Golkar mendapatkan apresiasi dari masyarakat pada Pemilu 2024. Hal itu terlihat dari naiknya elektabilitas Golkar dengan mendapatkan suara tertinggi nomor dua setelah PDI Perjuangan.

Berdasar data Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Sabtu 17 Februari 2024 pada pukul 19.30 WIB menunjukkan sudah terkumpul 51,28 persen suara dari seluruh TPS. Dari 18 parpol nasional, 9 di antaranya sudah mencapai ambang batas parlemen.

Pengamat politik dari Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto menilai naiknya elektabilitas Golkar karena adanya pengaruh dari sosok Airlangga Hartarto sebagai ketua umum.

Bambang mengatakan arah kepemimpinan Airlangga Hartarto dalam membawa kursi Golkar menjadi 14,59 persen sangat tinggi.

"Ya saya melihat arah kepemimpinan Airlangga Hartarto membawa kursi Golkar mencapai 14,59 persen, itu sangat tinggi dan ini pengaruh sosok beliau," kata Bambang kepada awak media, Senin (19/2).

Bambang menyebutkan suara Golkar mengalami rebound setelah menurun di masa sebelumnya.

"Saat ini Golkar terus naiknya elektabilitasnya di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto. Hal ini karena peran Airlangga dalam memilih kader yang tepat dan bergeraknya mesin politik yang tidak main-main membawa perubahan bagi partai," kata Bambang.

Menurut Bambang, citra Golkar di mata masyarakat saat ini makin tinggi dan dipercaya sebagai partai yang mampu membawa perubahan dalam ekonomi.

Arah kepemimpinan Airlangga Hartarto mampu membawa Golkar menempati urutan kedua pada Pemilu 2024 untuk sementara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News