Pengamat: Hakim Bisa Saja Memvonis Ahok Bebas

Pengamat: Hakim Bisa Saja Memvonis Ahok Bebas
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat hukum Yenti Garnasih mengatakan, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara bisa saja memvonis terdakwa penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bebas. Namun sebaliknya, bisa juga majelis memvonis lebih berat dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU).

Hal tersebut sebagaimana diatur pada Pasal 53 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Disebutkan, 'dalam memeriksa dan memutuskan perkara, hakim bertanggung jawab atas penerapannya dan putusan yang dibuatnya. Penetapan dan putusan tersebut harus memuat pertimbangan hakim yang didasarkan pada alasan dan dasar hukum yang tepat dan benar'.

"Jadi terkait kasus Ahok, hakim bisa saja mengambil putusan bebas, bisa lepas atau putusan penghukuman," ujar Yenti kepada JPNN, saat dihubungi, Senin (8/5).

Selain kemungkinan tersebut, majelis hakim kata Yenti, bisa juga menjatuhkan putusan berdasarkan tuntutan yang sebelumnya diajukan jaksa.

"Dalam hal terakhir, bisa juga putusan sesuai tuntutan, bisa lebih ringan atau lebih berat. Semua pertimbangan ada pada hakim, yang diambil berdasarkan bukti-bukti dan keyakinannya," pungkas pengajar di Fakultas Hukum Universitas Trisakti tersebut. (gir/jpnn)


Pengamat hukum Yenti Garnasih mengatakan, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara bisa saja memvonis terdakwa penodaan agama Basuki Tjahaja


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News