Pengamat Ini Memprediksi Ada 3 Capres di Pilpres 2024, Siapa Saja?

Pengamat Ini Memprediksi Ada 3 Capres di Pilpres 2024, Siapa Saja?
Pengamat politik Ujang Komarudin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin memprediksi kemungkinan akan ada tiga calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Kang Ujang, panggilan akrab Ujang Komarudin, menyampaikan prediksi itu berdasarkan dinamika politik yang terjadi saat ini di tanah air. "Kalau melihat dinamika saat ini, kemungkinannya ada tiga (capres)," kata Ujang, saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa (25/4).

Pengamat politik ini menyampaikan tiga capres itu, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang berpotensi diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diusung oleh Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Meskipun demikian, kata Ujang, jumlah capres masih dinamis. Hal itu bergantung pada perkembangan dinamika politik Indonesia ke depan. Dosen Universitas Al Azhar itu menilai juga terdapat kemungkinan pada Pilpres 2024 nanti hanya diikuti dua pasangan capres dan calon wakil presiden.

"Semuanya masih serbamungkin, serbadinamis, masih serbacair. Semua kemungkinan format koalisi masih mungkin terbentuk, terjadi. Mungkin, bisa tiga poros tergantung dinamika, perkembangan politik ke depan," ungkap Ujang.

Sebelumnya, PDIP pada Jumat (21/4), telah menetapkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024-2029 dalam Rapat Ke-140 DPP Partai Diperluas Tiga Pilar dengan agenda konsolidasi internal dan silaturahmi Idulfitri 1444 Hijriah di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

"Mengucapkan menetapkan Saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ucap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Pengamat politik Ujang Komarudin memprediksi kemungkinan akan ada tiga calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang. Siapa saja?


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News