Pengamat Ini Puji 3 Tahun Kepemimpinan Erick Thohir Pimpin Kementerian BUMN

Pengamat Ini Puji 3 Tahun Kepemimpinan Erick Thohir Pimpin Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto memuji Erick Thohir dalam tiga tahun kepemimpinannya sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Toto mencatat beberapa gebrakan dan inovasi Erick dalam melakukan transformasi perusahaan-perusahaan BUMN di antaranya percepatan restrukturisasi dengan pembentukan holding dan clustering BUMN.

“Beberapa catatan positif yang berhasil ditorehkan Menteri Erick Thohir dalam tiga tahun kepemimpinannya di antaranya mempercepat proses restrukturisasi BUMN melalui pembentukan holding company BUMN, Merger,  Clustering BUMN, termasuk juga Likuidasi BUMN,” ujar Toto, Selasa (25/10/2022).

Gebrakan lain kata Toto, Erick berhasil membuat laporan tahunan konsolidasi Kementerian BUMN. Ini kali pertama dikeluarkan oleh Kementerian BUMN sebagai usaha untuk meningkatkan transparansi dan bentuk pertanggungjawaban pengelolaan BUMN kepada publik.

“Perbaikan sistem pelaporan keuangan dengan berhasilnya penerbitan laporan keuangan konsolidasi seluruh BUMN,” ujar Toto.

Lebih lanjut, Toto mengatakan Erick juga mendorong peningkatan SDM yang berkualitas serta selalu menjaga core value, yaitu AKHLAK akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

“Upaya peningkatan kualitas talent BUMN melalui upaya crossing talent sehingga best talent tidak menumpuk pada BUMN kategori bluechips saja, tettapi bisa didistribusikan lebih merata kepada BUMN lainnya,” paparnya.

Selain itu, Erick juga dinilai pro terhadap pemberantasan korupsi dengan menerapkan good corporate governance.

Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia Toto Pranoto memuji Erick Thohir dalam tiga tahun kepemimpinannya sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News