Rabu, 26 Juni 2019 – 00:50 WIB

Pengamat: Jokowi Kuasai Debat Kedua Capres

Senin, 18 Februari 2019 – 11:24 WIB
Pengamat: Jokowi Kuasai Debat Kedua Capres - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) malam lebih baik dari debat pertama yang digelar bulan lalu.

Pangi mengatakan debat kedua lebih cair dan tidak terlalu kaku. "Harus diakui, debat putaran kedua menjadi panggung milik calon presiden Joko Widodo," ujar Pangi di Jakarta, Senin (18/2).

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini kemudian memaparkan beberapa catatan terkait pelaksanaan debat putaran kedua.

(Baca juga: Begini Komentar Honorer K2 soal Debat Capres Minggu Malam)

Menurut dia, Jokowi sangat detail menjelaskan strategi menjaga keseimbangan pangan dan harga, menyenangkan petani dan menjaga stok, soal nelayan, sumber daya laut, energi, lingkungan serta soal konektivitas infrastruktur dan konsistensi infrastruktur yang akan diteruskan.

"Performa Pak Jokowi cukup bagus, ada data dan lebih detail, lebih tenang serta memberikan contoh sesederhana. Jokowi juga menjawab dengan data," ucapnya.

Meski demikian, Pangi mengakui penjelasan Jokowi berpotensi terjadi kekeliruan data sehingga berakibat blunder. Contohnya, soal penjelasan mantan Wali Kota Surakarta itu terkait tak ada lagi kebakaran hutan dan jumlah impor jagung yang kini tak lebih dari 200 ribu ton.

Pangi juga menyebut Jokowi tampil penuh percaya diri, menguasai materi dan sempat melakukan serangan terukur dan bahkan serangan menohok pada Prabowo.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar