Pengamat LIPI: Airlangga Berjasa Mengembalikan Keharmonisan Golkar

Pengamat LIPI: Airlangga Berjasa Mengembalikan Keharmonisan Golkar
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat menghadiri pertemuan daring forum Rusia-ASEAN di kantor DPP Golkar Jakarta, Selasa (29/6/2021). ANTARA/HO-Humas Partai Golkar/pri.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik LIPI, Wasisto Raharjo Jati, menilai Partai Golkar di usianya yang telah mencapai 57 tahun telah menjadi partai yang modern dan independen.

Wasis juga memuji kepemimpinan Airlangga Hartarto yang mampu menjaga harmonisasi partai pascagonjang ganjing ketua umum terdahulu.

"Harus diakui Airlangga mampu membuat Golkar tetap utuh dan stabil sebagai institusi pascakasus yang menimpa Setya Novanto yang saat itu menjadi Ketua Umum," ujarnya.

Meski demikian, Wasis menyarankankan Airlangga terus meningkatkan komunikasi politiknya agar lebih membumi di akar rumput

Menurut Wasis, transformasi Golkar dari "golongan" menjadi sebuah "partai", telaj menandai adanya Golkar sebagai partai modern yang independen, dan terlepas dari bayang-bayang pemerintah Orde Baru.

Wasis memuji Akbar Tanjung yang saat itu mampu membawa Golkar untuk melakukan transformasi dari "golongan" menjadi sebuah "partai modern" di tahun 1999. Sehingga mampu menjadi pemenang kedua pileg 1999 dan pemenang utama di Pileg 2004.

Menurut Wasis, sistem kaderisasi di Partai Golkar juga berjalan dengan baik, karena partai ini sudah lama dan sangat berpengalaman di pusat kekuasaan, baik pusat maupun daerah. Hal itu juga menjadi daya tarik bagi elit lain dan pemilih untuk tetap memilih Golkar.

Kedua, relasi antar faksi internal partai berjalan seimbang dan dinamis.

Harus diakui Airlangga mampu membuat Golkar tetap utuh dan stabil sebagai institusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News