Pengamat: Nadiem Makarim dan Fachrul Razi Harus Hati-Hati

Pengamat: Nadiem Makarim dan Fachrul Razi Harus Hati-Hati
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim terkait pembukaan sekolah masih ditunggu masyarakat.

Demikian juga pembukaan pesantren dan madrasah, masyarakat menunggu kebijakan Menteri Agama Fachrul Razi.

Sayangnya sampai hari ini pemerintah belum memutuskan apakah sekolah bisa dibuka atau tidak saat new normal. Yang diputuskan hanya tahun ajaran baru dimulai pertengahan Juli 2020.

Menurut Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah, sikap pemerintah yang terkesan lamban ini harus dipahami seluruh masyarakat.

Mendikbud maupun Menag harus berhati-hati memutuskan pembukaan sekolah pada masa tatanan normal baru (new normal) pandemi COVID-19.

"Pemerintah memang sudah memutuskan untuk tetap menjalankan tahun ajaran baru pada pertengahan Juli 2020. Namun, tahun ajaran tersebut tidak serta merta bersamaan dengan proses belajar-mengajar secara tatap muka," kata Trubus di Jakarta, Rabu (10/6).

Kebijakan pembukaan sekolah, lanjutnya, memang harus berdasarkan koordinasi agar tidak menimbulkan persoalan baru.

Terlebih, sektor pendidikan memiliki jenjang yang banyak dan anak-anak merupakan kelompok usia yang rawan terinfeksi, sehingga sudah selayaknya sangat berhati-hati.

Masyarakat masih menunggu kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim dan Menag Fachrul Razi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News