Pengamat Optimistis PSI Bisa Wujudkan Interpelasi untuk Anies

Pengamat Optimistis PSI Bisa Wujudkan Interpelasi untuk Anies
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Langkah PSI menggulirkan wacana interpelasi terhadap Gubernur Anies Baswedan mendapat apresiasi dari pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah.

Dia optimistis manuver PSI itu bisa membuahkan hasil jika ada cukup dukungan dari fraksi-fraksi lain.

"Saya mendukung wacana interpelasi tersebut. Interpelasi itu bisa terealisasi, PSI harus melobi partai yang lain. Selain itu prosesnya panjang dan tidak mudah," kata Trubus saat dihubungi, Kamis (19/11).

Dia mengungkapkan, pengguliran interpelasi di DPRD harus melalui rapat terlebih dahulu. Setelah itu, fraksi-fraksi mengajukan latar belakang mereka menggunakan haknya.
Setelah rapat di DPRD selesai, hasilnya kemudian diserahkan ke Mahkamah Agung (MA) untuk pertimbangan.

"Setelah dirapatkan, disampaikan ke Mahkamah Agung meminta pertimbangan apakah ini melanggar hukum atau tidak," tuturnya.

Namun, lanjut Trubus, sebenarnya ada mekanisme lain yang bisa dipakai DPRD untuk mencopot kepala daerah. Skenario kedua itu adalah dengan rekomendasi Menteri Dalam Negeri kepada Presiden.

"Nanti presiden meminta rekomendasi pertimbangan hukum dari MA, untuk dinyatakan layak atau tidak pemecatan impeachment sendiri itu jalur yang cepat," tuturnya.

Seperti diketahui, PSI DKI Jakarta akan menggulirkan hak interpelasi untuk meminta keterangan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Langkah PSI menggulirkan wacana interpelasi terhadap Gubernur Anies Baswedan mendapat apresiasi dari pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News