Pengamat: Popularitas Uu Dongkrak Elektabilitas Rindu

Pengamat: Popularitas Uu Dongkrak Elektabilitas Rindu
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Foto Instagram

jpnn.com, JAWA BARAT - Pasangan Calon Gubernur nomor urut satu Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (RINDU), unggul dalam survey yang digelar Indikator Politik Indonesia.

Berdasarkan survei yang digelar sejak Maret hingga Mei 2018, Cagub Ridwan Kamil unggul dari Cagub Dedi Mizwar dengan raihan 39,5% berbanding 36,9%

Survei Indikator juga merilis hasil yang menyimulasikan jika cagub dan cawagub berpasangan, maka elektabilitas pasangan RINDU juga unggul dengan angka 40,9% dibanding pasangan 4DM yang meraih 35,6%.

Pasangan nomor urut tiga Sudrajat - Akhmad Saikhu (Asyik) di tempat ketiga dengan 5,3% dan pasangan Tb Hasanudin - anton Charliyan (Hasanah) di posisi juru kunci dengan capaian 2,7%.

"Segala kemungkinan masih mungkin terjadi, namun melihat kecenderungannya, RINDU unggul," ujar Pengamat politik, sekaligus dosen di Departemen Ilmu Politik FISIP Universitas Padjadjaran Firman Manan.

Firman juga mengingatkan bahwa, waktu pencoblosan tinggal 20 hari lagi. Biasanya menjelang hari-hari pencoblosan, maka menurut Firman, pemilih sudah semakin yakin akan pilihan mereka.

Sehingga kecenderungan berubahnya relatif kecil.

"Waktu kritis dalam 20 hari ke depan ini akan menentukan, karena hasil survey ini tipis perbedaannya," ungkapnya

Dalam 20 hari terakhir menjelang pencoblosan harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pasangan Rindu. Salah satunya saat debat publik ketiga pada 22 Juni.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News