Pengamat Puji Gebrakan Erick Jadikan Kinerja BUMN Lebih Positif

Pengamat Puji Gebrakan Erick Jadikan Kinerja BUMN Lebih Positif
Menteri BUMN Erick Thohir melakukan gebrakan demi peningkatan kinerja BUMN. Ilustrasi. Foto: Dok. Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja dan terobosan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai telah memberikan dampak positif bagi perusahaan pelat merah.

Penilaian itu disampaikan pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto dalam keterangan resminya pada Rabu (23/3/2022).

Toto menilai berkat gebrakan salah satu menteri terbaik Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, terjadi peningkatan dan perbaikan di berbagi sektor kerja BUMN.

“Ada beberapa improvement yang sudah dilakukan oleh Erick Thohir. Saya kira itu langkah-langkah yang relatif baik,” ujar Toto.

Toto menjelaskan gebrakan konkret yang dilakukan Erick Thohir seperti membentuk holding BUMN, melakukan marger, membubarkan BUMN “hantu”, komitmen berantas korupsi dan melaporkannya kepada pihak berwajib.

Selain itu, mendorong pemimpin muda hingga gerak cepat dalam memulihkan kembali perekonomian nasional pasca-resesi akibat Covid-19.

“Misalnya percepatan proses membuat beberapa holding company baru di BUMN. Kemudian juga proses restrukturisasi di beberapa BUMN yang bermasalah. Termasuk bagaimana juga mempercepat recovery setelah Covid-19 yang sudah hampir 2 tahun ini," kata Toto.

Menurut Toto, atas keberhasilan sejumlah manuver tersebut, Erick Thohir perlu mendapatkan apresiasi tinggi dari berbagai pihak.

Kinerja dan terobosan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai telah memberikan dampak positif bagi perusahaan pelat merah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News