Pengamat Sebut Ada 3 Kelompok Akan Bertarung di Pilpres 2024

Pengamat Sebut Ada 3 Kelompok Akan Bertarung di Pilpres 2024
Warga menggunakan hak pilih di Pemilu. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Saiful Huda Ems menyebut ada beberapa poin mengenai klasifikasi figur yang akan muncul pada Pilpres 2024, ditinjau dari sisi ideologi.

Pertama, kata alumnus Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur itu kelompok Nasionalis Religius.

Golongan pertama itu, lanjut Huda, sebuah ideologi politik yang berciri khas memadukan antara unsur-unsur kebangsaan dan keagamaan.

"Di bagian kelompok Nasionalis Religius ini ada sejumlah nama yang berbanding lurus dengan model atau karakter Presiden Joko Widodo yakni Moeldoko, Ganjar Pranowo, dan Airlangga Hartarto," kata dia dalam keterangan pers, Rabu (9/6).

Selanjutnya, Capres 2024 dari kelompok Nasionalis Abangan.

Huda memaknai klaster itu sebagai pemilik ideologi politik yang memadukan antara unsur-unsur nasionalisme dan kepercayaan.

"Kelompok Islam Abangan ada figur seperti Prabowo, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Puan Maharani," tutur dia.

Terakhir, kata Ketum Harimau Perubahan itu, Capres 2024 dari kelompok Islam Politik. Dia memaknai klaster ini sebagai pemilik ideologi politik yang menjadikan agama sebagai jargon meraih kepentingan.

Pengamat politik Saiful Huda Ems menyebut ada beberapa poin mengenai klasifikasi figur yang akan muncul pada Pilpres 2024, ditinjau dari sisi ideologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News