Pengamat Sebut Gibran Sebagai Sosok Pemimpin Muda Berani

Pengamat Sebut Gibran Sebagai Sosok Pemimpin Muda Berani
Cawapres Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka dianggap akan membawa perspektif baru dan pendekatan segar terhadap berbagai isu dan tantangan yang dihadapi Indonesia.

Jika terpilih sebagai Wakil Presiden bersama Prabowo Subianto, Gibran diharapkan berpikir secara kreatif dan menawarkan solusi inovatif.

"Gibran sebagai generasi muda memiliki karakter kuat dan rasa ingin tahu yang besar, percaya diri, tidak minder, tetapi juga tidak arogan," ujar Agus Widjajanto, pengamat hukum dan pemerhati politik, sosial budaya (Polsusbud), dalam keterangannya, Minggu (17/12).

Agus mengatakan cawapres nomor urut 2 itu juga berani mengambil risiko, berpikiran kritis dan kreatif serta berani mempelajari hal-hal baru.

Menurut dia, penting untuk mempelajari bagaimana negara maju mengembangkan sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda yang memiliki potensi dan intelektual besar dalam menghadapi perjalanan Indonesia menuju 100 tahun kemerdekaan pada 2045.

Adapun perkembangan karier politik Gibran di Pilpres 2024, generasi muda dan calon pemimpin seperti dia harus didukung dan diberikan ruang, bukan dibatasi oleh syarat-syarat yang menghambat, seperti batasan usia, pengalaman, atau dukungan partai di DPR.

Agus mengambil contoh sukses pemimpin muda di dunia internasional, seperti Emmanuel Macron yang terpilih sebagai Presiden Prancis pada usia 39 tahun dan Jacinda Ardern yang menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru saat berusia 37 tahun.

Kepemimpinan mereka telah mendapatkan pengakuan secara global, termasuk bagaimana Jacinda menangani serangan teror di Masjid Al Noor dan Linwood Islamic Centre di Christchurch. Agus juga menambahkan bahwa Jacinda telah berhasil menanangani pandemi Covid-19 dengan efektif di Selandia Baru.

Pengamat sebut Gibran Rakabuming Raka sebagai sosok pemimpin muda berani mempelajari hal-hal baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News