Pengamat Sebut Penundaan Pelantikan Budi Justru Selamatkan Polri

Pengamat Sebut Penundaan Pelantikan Budi Justru Selamatkan Polri
Pengamat Sebut Penundaan Pelantikan Budi Justru Selamatkan Polri

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Setara Institute, Hendardi memuji langkah  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri. Hendardi beralasan keputusan yang diambil Jokowi merupakan jalan tengah yang konstruktif untuk menyelamatkan institusi Polri.

"Pilihan menunda juga adalah cara menghormati BG (Budi Gunawan) untuk menjalani proses hukum dan berpijak pada asas praduga tidak bersalah," ujar Hendardi, Sabtu (17/1).

Sebelumnya, Komjen Budi yang diusulkan sebagai calon Kapolri telah mendapat persetujuan DPR untuk menggantikan Jenderal (Pol) Sutarman. Hanya saja, Komjen Budi ternyata menjadi tersangka korupsi yang kasusnya ditangani KPK.

Karenanya, Jokowi menunda pelantiikan Budi. Selanjutnya ditunjuklah Komjen Badroddin Haiti sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri.

Hendardi pun mengingatkan Badroddin agar segera melakukan konsolidasi internal Polri.  "Konsolidasi internal untuk memulihkan Polri setelah mengalami demoralisasi akibat ketegangan yang ada," katanya.(gir/jpnn)


JAKARTA - Ketua Setara Institute, Hendardi memuji langkah  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News