Pengamat Yakin Jokowi-JK Dukung Pansus Freeport

Pengamat Yakin Jokowi-JK Dukung Pansus Freeport
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna meminta anggota DPR inisiator pendukung Pansus Angket PT Freeport Indonesia tidak meragukan komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebab, saat debat capres 2014 yang dipandu Profesor Sudarto P Hadi, Jokowi-JK telah menegaskan komitmen untuk melakukan investigasi pihak-pihak yang memiliki saham di PT Freeport Indonesia.

“Masih segar dalam ingatan publik bahwa Jusuf Kalla saat debat pasangan capres 2014 menyatakan sangat setuju investigasi untuk mengetahui siapa yang pernah punya saham PT Freeport Indonesia,” kata Budyatna, saat dihubungi wartawan, Rabu (30/12).

Pernyataan Jusuf Kalla tersebut, menurut Budyatna, saat debat juga diperkuat oleh Jokowi.

“Perlunya investigasi tempat-tempat yang berkaitan dengan tambang, karena banyak kelompok kepentingan di situ,” ujar Budyatna, mengutip Jokowi.

Karena itu, Guru Besar Politik UI ini menyarankan agar DPR dan publik mengawal komitmen Jokowi-JK tersebut untuk meluruskan berbagai isu terkait dengan PT Freeport Indonesia.

“Kalau pendekatannya investigasi, dengan sendirinya itu domain DPR melalui Pansus. Dengan begitu, saya berani mengatakan Jokowi-JK mendorong Pansus ini terbentuk untuk membersihkan lembaga kepresidenan,” katanya.(fas/jpnn)


JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna meminta anggota DPR inisiator pendukung Pansus Angket PT Freeport


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News