Pengangguran Rentan Terjangkit HIV/AIDS

Pengangguran Rentan Terjangkit HIV/AIDS
Pengangguran Rentan Terjangkit HIV/AIDS
BANDUNG--Penyebaran HIV/AIDS di Kota Bandung kini berada pada level cukup memprihatinkan. Penularannya tidak memandang usia, jenis kelamin maupun profesi. Berdasar catatan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kasus HIV/AIDS tercatat sejak 1991 hingga April 2011 tercatat 2.380 kasus.

Kondisi ini menempatkan Kota Bandung masih menduduki peringkat tertinggi di Jawa Barat dalam hal penyebaran. Perkembangan epidemi HIV/AIDS sudah memasuki tahap kritis dan ironisnya penularan terjadi pada usia produktif, dengan penularan terbesar melalui jarum suntik penggunaan narkoba.

Berdasarkan grafik kumulatif penderita HIV AIDS menurut jenis pekerjaan menunjukan HIV/AIDS di kalangan pengangguran atau tidak bekerja sebesar 21,3 persen, pekerja swasta 20,34 persen, mahasiswa dan pelajar 11,68, serta ibu rumah tangga sebesar 9,54 persen.

Sedangkan, menurut kelompok umur, kelompok usia produktif dari 20-29 tahun adalah yang paling tinggi, yaitu sebesar 57,39 persen. Pada usia 30-39 tahun sebanyak 27,98 persen dan pada usia 0-14 tahun ada 3,36 persen.

BANDUNG--Penyebaran HIV/AIDS di Kota Bandung kini berada pada level cukup memprihatinkan. Penularannya tidak memandang usia, jenis kelamin maupun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News