Pengelola Tempat Wisata di Madiun Pasrah dengan Keputusan Pemkab

Pengelola Tempat Wisata di Madiun Pasrah dengan Keputusan Pemkab
lustrasi - Sejumlah anak mengamati tingkah beberapa ekor monyet di kebun binatang Taman Rekreasi Umbul, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Foto: ANTARA/Siswowidodo

jpnn.com, MADIUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, menutup semua tempat wisata yang ada di wilayah itu selama masa pelarangan mudik dan libur Lebaran 2021.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan penutupan tempat wisata itu mengacu pada ketentuan larangan mudik yang sedang berlangsung saat ini. Tujuan utamanya demi keselamatan bersama dari ancaman penularan COVID-19.

"Momentum Lebaran selaras dengan libur panjang. Dikhawatirkan daya tarik piknik malah terjadi kerumunan hingga berpotensi menularkan COVID-19," ujar Bupati Ahmad Dawami di Madiun, Jumat.

Menurut dia, penutupan tempat wisata juga sesuai SE Mendagri serta hasil rakor virtual dengan Pemprov Jawa Timur beberapa waktu lalu, sehingga Pemkab Madiun harus mengikuti ketentuan tersebut.

"Jadi, saat ini tempat wisata di Kabupaten Madiun ditutup sementara mulai dari 6–17 Mei mendatang," katanya.

Kebijakan penutupan tempat wisata di Kabupaten Madiun membuat pengelola tempat hiburan dan wisata di wilayah setempat kecewa.

Direktur Taman Wisata Umbul (Madiun Umbul Square) Afri Handoko mengatakan manajemennya telah menyebar tiket gratis guna menarik wisatawan.

“Kami sudah menyebar 20.000 tiket gratis untuk anak-anak. Tujuannya mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Taman Umbul," kata Afri.

Taman Wisata Umbul Madiun yang merupakan lembaga konservasi satwa milik Pemkab Madiun memiliki 168 satwa yang menjadi koleksi, yakni satwa jenis mamalia, aves, dan reptil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News