Pengelolaan KBS Diserahkan ke Wali Kota Surabaya

Pengelolaan KBS Diserahkan ke Wali Kota Surabaya
Kebun Binatang Surabaya (KBS). JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Kehutanan memutuskan memberi kepercayaan kepada Wali Kota Tri Rismaharini untuk mengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS). Hal ini disampaikan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan usai bersama Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan Tri Rismaharini menemui Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di kantornya, kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/1).

"Izin definitif dalam minggu ini akan kita serahkan kepada Wali Kota. Sehingga Wali Kota memiliki kewenangan penuh untuk pengelolaan Kebun Binatang Surabaya (KBS)," kata Zulkifli kepada wartawan.

Menurut Zulkifli, KBS adalah kebun binatang tertua di tanah air dan usianya hampir mencapai 100 tahun. Kata dia, sekitar tahun 80-an, konflik panjang terjadi antara pengelola KBS. Melihat konflik itu dan mengingat kesejahteraan hewan di KBS, ia menyatakan, tahun 2010 pemerintah mencabut izin kebun binatang itu. Atas pencabutan itu, pengelola sebelumnya pun mengajukan gugatan.

Selama proses hukum gugatan itu berlangsung, KBS dikelola sementara oleh sejumlah pihak yang dinilai pemerintah sebagai pihak yang berkompeten. Hingga akhirnya tahun 2013 diserahkan untuk dikelola BUMD.

"Banyak kemajuan perbaikan dilakukan oleh BUMD selama itu, tetapi terakhir karena mati lagi satwa, perbaikan-perbaikan tidak dilihat, tapi yang ramai adalah satwa yang mati. Oleh karena itu meskipun ada kasasi gugatan, ini tetap diserahkan dulu pada wali kota untuk dikelola," sambung Zulkifli.

Selain memberi kewenangan penuh kepada Wali Kota, Kementerian Kehutanan juga memutuskan akan merotasi manajemen Kebun Binatang Surabaya untuk penyegaran.

Zulkfili mengatakan setelah KBS dipegang penuh oleh Wali Kota Surabaya, maka pengelolaan dan manajemen akan ditata sedemikian rupa agar tidak terdengar lagi kasus kematian binatang.

"Sehingga nanti pengelolanya adalah orang-orang fresh yang tidak ada konflik apapun sehingga fokus kepada kesejahteraan satwa, pengelolaan KBS dan kesehatan satwa itu sendiri," lanjutnya.

JAKARTA - Kementerian Kehutanan memutuskan memberi kepercayaan kepada Wali Kota Tri Rismaharini untuk mengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS). Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News