Pengembangan TPPI Olefin Bisa Menciptakan Kemandirian Energi

Pengembangan TPPI Olefin Bisa Menciptakan Kemandirian Energi
Suasana kawasan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019). Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik Adib Miftahul menilai, proyek pembangunan Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, bisa menciptakan kemandirian energi bangsa.

Oleh karena itu, proyek tersebut harus didukung semua pihak, tak terkecuali jajaran Komisaris PT Pertamina (persero) selaku induk PT TPPI.

Namun, kata dia, proyek tersebut berpotensi terhambat akibat kebijakan yang dikeluarkan Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang membentuk satuan tugas (satgas) investasi proyek TPPI.

Tim Satgas dibentuk dengan alasan untuk mensetlekan strategic partner dan proses tender. Namun, kata Adib, kebijakan tersebut berpotensi membatalkan pelaksanaan proyek kilang TPPI.

Tim Satgas ini dibentuk tidak lama setelah isu kecurangan tim tender TPPI diembuskan oleh pihak-pihak yang tidak menghendaki proyek ini terealisasi.

Faktanya, tender telah dilaksanakan secara bersih dan transparan dan dengan pendampingan dari Tim Jamintel, Bareskrim POLRI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan juga berkonsultasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), sehingga Governance-nya sangat terjaga dengan baik.

Menurut Adib, pelaksanaan audit menyeluruh terhadap proses tender TPPI akan jauh lebih baik untuk dilakukan dari pada mengeluarkan kebijakan untuk membatalkan proyek ini.

“Jika Ahok tidak percaya dengan kinerja tim tendernya, ya lakukan saja Audit, ini jauh lebih baik dari pada harus membatalkan proyeknya. Apalagi proses tender sudah diawasi oleh berbagai badan negara, ini berarti Ahok juga tidak percaya pada kinerja badan-badan tersebut,” jelas Adib.

Proyek pembangunan Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, bisa menciptakan kemandirian energi bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News