Pengembangan UMKM Sampoerna Pacu Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Pengembangan UMKM Sampoerna Pacu Peningkatan Ekonomi Masyarakat
Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Hadiyanto berharap Sampoerna dan berbagai pihak terus berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteran pelaku UMKM. Foto: Dok Sampoerna

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Hadiyanto berharap Sampoerna dan berbagai pihak terus berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteran pelaku UMKM.

UMKM diharapkan mampu memiliki pengetahuan dan skill set agar semakin maju, menciptakan kesejahteraan, dan membawa kemakmuran bagi Indonesia.

Menurutnya, sektor UMKM memainkan peran strategis bagi perekonomian nasional. 

“Pemulihan ekonomi yang sedang mengalami kontraksi tentunya tidak lepas dari peran UMKM yang jumlahnya saat ini diperkirakan lebih dari 40 juta, dan lebih dari 99 persennya merupakan usaha skala mikro,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Senin (5/9).

Hadiyanto menjelaskan pemerintah telah meluncurkan aneka program sebagai upaya mendukung pertumbuhan UMKM, seperti percepatan perizinan, penyediaan akses ke pembiayaan, perluasan akses pasar, hingga insentif perpajakan. 

Berbagai program tersebut diharapkan dapat memperkuat UMKM.

Selain itu, meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, membuka lapangan pekerjaan baru, mendukung percepatan program penanggulangan kemiskinan.

"Juga mengurangi kesenjangan antarindividu dan antardaerah dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Hadiyanto berharap Sampoerna dan berbagai pihak terus berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteran pelaku UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News