Sampoerna dan KADIN Dukung Digitalisasi UMKM untuk Memperluas Akses Pasar

Sampoerna dan KADIN Dukung Digitalisasi UMKM untuk Memperluas Akses Pasar
Sampoerna dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia berkolaborasi dengan banyak perusahaan dan instansi untuk memperkuat ekosistem UMKM. Foto: Dok Sampoerna

jpnn.com, JAKARTA - Sampoerna dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia berkolaborasi dengan banyak perusahaan dan instansi untuk memperkuat ekosistem usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kepala Komite Tetap Kadin Indonesia & pendiri KAYA.ID, Nita Kartikasari menyampaikan dukungan itu dilakukan melalui pelatihan-pelatihan yang disajikan dalam Wiki Wirausaha bersifat gratis.

Hal itu disampaikan Nita dalam rangkaian webinar daring bertajuk “UMKM Untuk Indonesia, Usaha Maju Kian Makmur”.

"Wiki Wirausaha, sebuah platform online yang diinisiasi oleh KADIN dan ditujukan bagi para pelaku wirausaha untuk mendapatkan mitra akses pasar, keuangan, atau informasi untuk menumbuhkan usaha.

Wiki Wirausaha merupakan kerja sama antara antara Sampoerna, melalui Sampoerna Entrepreneurship Traning Center (SETC) dan oleh Komite Kewirausahaan KADIN Indonesia yang berkolaborasi dengan berbagai pengusaha dan instansi terkait.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami ketika SETC menjadi bagian dari Wiki Wirausaha, mengingat banyaknya materi yang dimiliki oleh SETC yang membantu pelaku UMKM mencari inspirasi, mempertajam kemampuan yang dimiliki, hingga berkolaborasi,’’ ujarnya.

Program SETC yang dimulai sejak 2007 yang pelatihan kewirausahaan hard skill maupun soft skill di bidang budi daya pertanian, peternakan, dan keterampilan lainnya, riset terapan, pendampingan dan jejaring pasar, konsultasi usaha, serta pengembangan jejaring UMKM.

Program pelatihan SETC telah menjangkau lebih dari 56 ribu peserta selama 15 tahun terakhir.

Sampoerna dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia berkolaborasi dengan banyak perusahaan dan instansi untuk memperkuat ekosistem UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News