JPNN.com

Pengendalian Covid-19 di Desa, Kemendes PDTT Dipuji DPD

Selasa, 08 September 2020 – 16:19 WIB
Pengendalian Covid-19 di Desa, Kemendes PDTT Dipuji DPD - JPNN.com
Mentdes PDTT Abdul Halim Iskandar. Foto Humas Kemendes

jpnn.com, JAKARTA - Langkah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19 menuai pujian dari Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi.

Fachrul mengapresiasi kinerja Mendes PDTT yang beken disapa dengan panggilan Gus Menteri, karena dinilai berhasil mencegah penyebaran Covid-19 di pedesaan.

Senator asal Aceh itu menganggap pembentukan Relawan Desa Lawan Covid-19 sangat efektif sehingga bahaya coronavirus di pedesaan bisa dikendalikan.

"Apabila awalnya kita tidak mempersiapkan sampai ke desa, saya memprediksi tingkat penyebaran Covid-19 akan jauh lebih meningkat dan meluas," kata Fachrul saat Rapat Kerja dengan Kemendes PDTT yang digelar virtual, Selasa (8/9).

Selain itu, Kemendes PDTT juga dinilai cepat tanggap dalam mengatasi masalah sosial di pedesaan melalui program BLT Dana Desa. Apalagi itu dilakukan saat ekonomi nasional mulai kelimpungan.

Fachrul tidak membayangkan nasib masyarakat desa apabila tidak ada program BLT Dana Desa. "Artinya, apa kontribusi negara menghadirkan dana desa sampai ke desa itu sangat signifikan sekali," jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta Gus Menteri lebih masif lagi melakukan kontrol terhadap BLT Dana Desa untuk mengantisipasi penyelewengan di daerah. DPD RI juga siap membantu turun ke desa apabila diperkenankan oleh Kemendes PDTT.

"Saya minta kepada Pak Menteri, di sini ada 34 Provinsi. Nanti mohon dilibatkan 34 Senator ini ketika Pak Menteri turun ke daerah. Silakan kita dilibatkan, kita sudah ada anggarannya sendiri," pungkasnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra