Pengeran Belgia Bawa 81 Pengusaha

Pengeran Belgia Bawa 81 Pengusaha
Pengeran Belgia Bawa 81 Pengusaha
JAKARTA – Satu lagi ahli waris takhta kerajaan di Eropa melawat ke Indonesia. Setelah calon raja Inggris Pangeran Charles, mulai hari ini giliran Putra Mahkota Belgia Pangeran Philippe yang akan mengunjungi Indonesia hingga 29 November. Jika Charles tertarik pelestarian lingkungan, Philippe datang ke Indonesia dengan memimpin misi dagang 81 pengusaha.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Teuku Faizasyah menyebutkan, bidang usaha 81 pengusaha tersebut, antara lain, sektor industri, perdagangan, jasa keuangan dan perbankan, ritel, serta konsultan dan industri kreatif. Para pengusaha itu selama ini telah sukses di pasar domestik dan berkeinginan mengembangkan usahanya. ’’Pangeran Philippe akan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan gubernur DKI untuk temu bisnis, khususnya bidang transportasi,’’ ujarnya.

Selanjutnya, Philippe ke Bandung untuk bertemu dengan gubernur Jawa Barat dan anggota Kadinda serta mengunjungi ITB. Dalam kunjungannya, Pangeran Philippe juga didampingi Putri Mathilde. Istri putra mahkota itu memiliki agenda terpisah dengan suaminya. Misalnya, makan siang bersama pengusaha wanita Indonesia dan Belgia serta menghadiri acara gala dinner dalam rangka promosi Belgia di Indonesia.

Selama ini Belgia merupakan salah satu mitra penting ekonomi Indonesia. Sampai dengan Juli 2008, total perdagangan kedua negara mencapai USD 1,20 miliar, dengan total nilai ekspor Indonesia ke Belgia USD 828 juta dan impor USD 375,5 juta. Hal itu menempatkan Belgia sebagai negara keenam tujuan ekspor Indonesia. Komoditas ekspor Indonesia ke Belgia selama ini, antara lain, peralatan mesin, produk kayu, mebel, alas kaki, pakaian, permata, tekstil dan produk tekstil, produk kulit, produk perikanan, dan tembakau.

JAKARTA – Satu lagi ahli waris takhta kerajaan di Eropa melawat ke Indonesia. Setelah calon raja Inggris Pangeran Charles, mulai hari ini giliran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News