Pengerjaan Jalur Ganda Lintas Selatan Dikebut

Pengerjaan Jalur Ganda Lintas Selatan Dikebut
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan kembali melakukan pembangunan jalur ganda di Pulau Jawa, tepatnya pembangunan Jalur Ganda Lintas Selatan Jawa.

Direktur Prasarana Perkeretaapian, Zulfikri menjelaskan, pembangunan jalur ganda lintas selatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lintas perjalanan KA dan mengurangi waktu tempuh.

"Karena pada beberapa segmen masih satu jalur (single track)," ujar Zulfikri.

Di samping itu pembangunan jalur ganda akan mengurangi kemacetan lalu lintas jalan raya, meningkatkan pelayanan, aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang antar kabupaten, antar kota maupun antar provinsi serta meningkatkan keselamatan perjalanan KA.

Dalam menyelesaikan pembangunan Jalur Ganda Lintas Selatan ini dijelaskan Zulfikri menggunakan pembiayaan melalui APBN dan skema SBSN.

"Keseluruhan pembangunan Jalur Ganda Lintas Selatan ini diharapkan bisa diselesaikan pada akhir 2019 untuk kemudian pada awal 2020 Jalur Ganda Lintas Selatan sudah dapat beroperasi secara penuh dari Jakarta hingga Surabaya," harapnya.(chi/jpnn)


Setelah selesainya pembangunan Jalur Ganda Lintas Utara pada Maret 2014, kemudian dilanjutkan jalur ganda lintas utara pada April 2014, kini bagian selatan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News