Pengganti Tumpak Harus Berani Tindak Hakim Nakal

Pengganti Tumpak Harus Berani Tindak Hakim Nakal
Pengganti Tumpak Harus Berani Tindak Hakim Nakal
JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung (MA) terpilih, Hatta Ali diharapkan bebas dari intervensi pihak mana pun. Dalam memimpin peradilan tertinggi di negeri ini, ia juga diminta untuk menindak hakim-hakim nakal.

"Saya berharap beliau akan mampu memposisikan MA sebagai peradilan yang agung, bermartabat dan terbebas dari intervensi kekuasaan manapun," tegas Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy, Rabu (8/2), di Jakarta.

Ketua Muda Pengawasan MA, Hatta Ali, terpilih menjadi Ketua MA dalam pemilihan yang digelar di gedung MA, Rabu (8/2). Hatta menang dalam satu putaran. Pengganti Harifin Tumpa ini  berhasil meraih 28 suara, Ahmad Kamil 15 suara, Abdul Kadir Mappong empat suara, Paulus E. Lotullung satu suara dan Muhammad Saleh tiga suara. Dari total 54 suara, sebanyak 51 dinyatakan sah.

Aboebakar berharap, Ketua MA terpilih harus mampu mewujudkan rechtsstaat atau negara berdasar pada ass hukum. "Karena di tangan MA-lah kekuasaan kehakiman bernaung. Maka hitam dan putihnya penegakan hukum berada di lembaga ini, yang sekarang lagi dipimpin oleh Hatta Ali," ujarnya.

JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung (MA) terpilih, Hatta Ali diharapkan bebas dari intervensi pihak mana pun. Dalam memimpin peradilan tertinggi di negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News