Penggemar Cerutu Kuba Pimpin Jepang

Aso Dekat dengan Negara-Negara ASEAN

Penggemar Cerutu Kuba Pimpin Jepang
Penggemar Cerutu Kuba Pimpin Jepang
TOKYO – Setelah empat kali gagal, mantan Menteri Luar Negeri Taro Aso akhirnya kemarin (22/9) terpilih sebagai perdana menteri Jepang. Tokoh konservatif itu akan menjadi perdana menteri Jepang ketiga dalam periode dua tahun. Dia secara formal akan menggantikan Yasuo Fukuda Rabu besok (24/9).

Terpilihnya Aso sebagai pucuk pimpinan pemerintahan Jepang berlangsung mulus. Dia menerima dua pertiga suara dari anggota Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa hampir terus-menerus sejak 1955. Aso sukses menyisihkan pesaingnya,  Menteri Kebijakan Ekonomi dan Fiskal Kaoru Yosano, 70; Menteri Pertahanan Yuriko Koike, 56; mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba, 51; dan mantan Menteri untuk Reformasi Administrasi Nobuteru Ishihara, 51.

Terhadap para mantan pesaingnya itu,  Aso menyampaikan penghargaan dan berencana memberi beberapa di antara mereka pos di kabinet. ”Dari saat ini, tidak ada lagi konflik di antara lima kandidat yang bertarung dalam pemilihan,” ujarnya.

Aso memang sangat kontras dengan dua perdana menteri sebelumnya, Shinzo Abe dan Fukuda. Abe Adalah seorang nasionalis yang berjanji dengan ambisinya menciptakan ”Jepang yang cantik”. Sebelumnya, Abe hanya bertahan satu tahun karena tersandung skandal dan gangguan pencernaan.

TOKYO – Setelah empat kali gagal, mantan Menteri Luar Negeri Taro Aso akhirnya kemarin (22/9) terpilih sebagai perdana menteri Jepang. Tokoh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News