Susu Terkontaminasi, Pejabat Tiongkok Pilih Mundur

Susu Terkontaminasi, Pejabat Tiongkok Pilih Mundur
Susu Terkontaminasi, Pejabat Tiongkok Pilih Mundur
BEIJING – Efek domino dari skandal susu buatan Tiongkok yang terkontaminasi melamin terus terjadi. Selain jumlah korban yang terus meningkat, pejabat yang bersentuhan dengan kasus ini juga satu per satu mengundurkan diri. Terakhir, kepala Badan Pengawas Kualitas (AQSIQ) Tiongkok Li Changjiang mengundurkan diri, kemarin. Dan untuk sementara, mantan wakil sekjen Dewan Kota Wang Yong menggantikan posisinya.

Jumlah korban yang jatuh sakit akibat mengonsumsi susu melamin tersebut memang dilaporkan meningkat secara dramatis. Menurut laporan kemarin, jumlahnya hampir mencapai 53 ribu anak. Dari jumlah tersebut, yang sudah mendapat perawatan di rumah sakit baru 12.892 anak.

Menyusul laporan tersebut, semakin banyak negara yang melarang impor produk susu buatan Tiongkok. Di antaranya adalah Taiwan, Bangladesh, Brunei, Burundi, dan Jepang. Juga Gabon, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Tanzania. ’’Belum tahu larangan itu akan diberlakukan sampai kapan,’’ kata Wang Chih-chao, pejabat Departemen Kesehatan Taiwan.

Dan larangan produk Tiongkok di Taiwan itu dilakukan demi kebaikan konsumen. Tapi, produk-produk susu yang telah menjalani tes keamanan tidak akan “dibersihkan” dari rak. Sedangkan di Hongkong, semakin banyak jaringan ritel yang menarik susu buatan Tiongkok dari toko-toko mereka, bila memang sampel yang diambil dan dites positif mengandung melamin.

BEIJING – Efek domino dari skandal susu buatan Tiongkok yang terkontaminasi melamin terus terjadi. Selain jumlah korban yang terus meningkat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News