Kamis, 27 Juni 2019 – 09:10 WIB

Pengguna Kendaraan Semakin Sadar Manfaat Gunakan BBM Berkualitas

Rabu, 12 Juni 2019 – 17:20 WIB
Pengguna Kendaraan Semakin Sadar Manfaat Gunakan BBM Berkualitas - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat dinilai sudah mulai sadar untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas. Hal ini dilihat dari melonjaknya konsumsi BBM seri Pertamax selama arus mudik dan arus balik.

"Seiring taraf pendidikan yang semakin tinggi, masyarakat pun semakin peduli memakai BBM dengan oktan minimal 92 produk Pertamina," kata pengamat otomotif Bambang Trisulo.

Di mana selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2019, konsumsi BBM seri Pertamax Pertamina meningkat, untuk tol Trans Jawa mencapai hampir 96 persen atau 179 ribu liter per hari dibandingkan konsumsi rata-rata harian normal.

Bahkan, pada puncak konsumsi arus mudik pada 4 Juni 2019, konsumsi Pertamax di SPBU Toll Trans Jawa mengalami peningkatan sebesar 256 persen dari rata-rata harian normal atau sebesar 477 ribu liter.

Artinya, mereka memahami tingkat kualitas BBM yang dicerminkan dari oktan number dan manfaat harga terhadap kinerja mesin, seperti daya, kenyamanan, tarikan mesin, dan lain-lain.

“Belum lagi kalau mereka mengukur rasio kilometer per liter untuk produk-produk tersebut, yang ternyata lebih hemat,” kata Bambang.

Peningkatan tingkat kesadaran tersebut, menurut Bambang, membuat pengendara memahami pentingnya BBM berkualitas bagi kendaraan terlebih lagi adanya tuntutan bahwa mesin kendaraan harus ramah terhadap lingkungan.

"Menurut saya, pengguna kendaraan mengerti manfaat tersebut. Bahkan kesadaran ramah lingkungan juga makin meluas,” kata dia.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar