Penghargaan Startup4Industry 2020 Bakal Digelar Besok

Penghargaan Startup4Industry 2020 Bakal Digelar Besok
Ilustrasi bisnis startup. Foto: Tech Asia

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita meluncurkan Program Startup4Industry 2020 bertajuk 'Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri pada 14 Okober 2020.

Program ini merupakan stimulan yang diharapkan bisa mendorong munculnya ekosistem startup dibidang teknologi industri 4.0.

“Sebagai strategi dalam meningkatkan penggunaan teknologi Indonesia, Startup4Industry 2020 menghadirkan startup yang mampu menciptakan produk original yang dapat membantu peningkatan efisiensi dalam hal biaya, energi dan waktu, khususnya bagi industri kecil dan menengah (IKM),” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA) Gati Wibawaningsih dalam acara 'Seminar Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri' secara daring pada Senin (7/12).

Seminar tersebut merupakan rangkaian acara penghargaan kompetisi Startup4Industry yang diselenggarakan pada 7–8 Desember 2020.

Menurut Gati, IKM menjadi salah satu sektor yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Sentuhan inovasi teknologi dari tech startup dalam bidang logistik, pencatatan stock, produksi dan kemudahan untuk pengelolaan akun toko online adalah sebagian solusi yang dapat ditawarkan kepada IKM dalam melakukan pengembangan usaha dan bangkit pada masa pandemi saat ini.

Sebagai langkah penting dalam akselerasi pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah menetapkan target program substitusi impor sebesar 35% pada tahun 2022.

Untuk bisa unggul dalam berkompetisi, utamanya ditingkat global, industri memerlukan solusi teknologi yang dapat dihadirkan, salah satunya melalui peran startup sebagai technology provider.

Siapa startup terbaik sebagai implementator industri 4.0 akan diumumkan besok pada acara penghargaan kompetisi Startup4Industry 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News