Penghasilan Petani Milenial Asal Banjarnegara Ini Melebihi UMR, Wow

Penghasilan Petani Milenial Asal Banjarnegara Ini Melebihi UMR, Wow
Teguh Fajar Santosa, petani milenial asal Banjarnegara. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, BANJARNEGARA - Teguh Fajar Santosa, petani milenial asal Banjarnegara, Jawa Tengah, ini meraih penghargaan di bidang pertanian pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95.

Prestasi pemuda 21 tahun ini diawali dari perjuangannya yang luar biasa untuk memperbaiki kondisi perekonomian keluarga.

Setelah terpaksa berhenti sekolah pada 2017 karena keterbatasan biaya, Fajar memutuskan untuk belajar bertani, menanam kentang dan wortel.

"Saya pertama kali terjun pada pertanian menggunakan modal seadanya, sekitar Rp 700 ribu, tetapi karena Allah memberikan kemudahan, saya dan keluarga bisa panen dan mendapatkan uang sekitar Rp 15,5 juta," kenang Fajar, dalam keterangannya, Jumat (29/12).

Momen tersebut menjadi titik awal ketertarikannya dalam dunia pertanian. Dia mematahkan anggapan bahwa petani tidak berpenghasilan seperti pekerja kantoran yang mendapat gaji UMR.

Fajar menjelaskan bahwa hasil dari pertanian sebenarnya lebih besar dari gaji pekerja kantoran. Ketika bertanam kentang pada lahan seluas 0,25 hektare, dia menghasilkan keuntungan bersih sebesar Rp 40 juta dalam 4 bulan.

Penghargaan

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, Fajar menerima penghargaan sebagai juara 1 kategori pemuda pelopor tingkat Provinsi Jawa Tengah. Apresiasi ini sebagai pengakuan kerja keras Fajar sebagai pemuda pelopor di bidang pertanian.

Atas prestasinya itu, Fajar, bahkan menerima beasiswa Tani foundation untuk berkuliah di Universitas Terbuka jurusan Agribisnis.

Teguh Fajar Santosa, petani milenial asal Banjarnegara, ini membuktikan penghasilan dari pertanian bisa melebihi UMR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News