Pengiriman TKI jadi Modus Perdagangan Orang

Pengiriman TKI jadi Modus Perdagangan Orang
Pengiriman TKI jadi Modus Perdagangan Orang
BANDUNG-Perdagangan orang saat ini telah berkembang menjadi masalah global yang dihadapi oleh hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Ada banyak modus yang digunakan para pelaku kejahatan perdagangan orang di Indonesia.

Salah satu modusnya adalah melalui pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri, yang  jumlahnya masih mendominasi.

Berdasarkan kajian yang dilakukan Migrant Care pada tahun 2009 terungkap bahwa setiap tahun setidaknya 450 ribu Warga Negara Indonesia (WNI) diberangkatkan sebagai TKI ke luar negeri, dimana 70 persen diantaranya adalah perempuan. Dari jumlah tersebut, sekitar 60 persen dikirim secara ilegal dan sekitar 46 persen terindikasi kuat menjadi korban tindak pidana perdagangan orang.

"Data ini tentu menjadi perhatian kita semua, yang menjadi korban selalu perempuan dan anak-anak," ungkap Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar saat Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang Tahun 2011 yang berlangsung di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung, Jumat (23/9).

BANDUNG-Perdagangan orang saat ini telah berkembang menjadi masalah global yang dihadapi oleh hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News