Pengisi Suara Shaggy \'Scooby Doo\' Wafat

Pengisi Suara Shaggy \'Scooby Doo\' Wafat
Casey Kasem, pengisi suara Shaggy dalam kartun Scooby Doo meninggal dunia di usia 82 tahun. Foto:AP

jpnn.com - Casey Kasem, pengisi suara Shaggy dalam kartun "Scooby Doo" meninggal dunia. Ia wafat pada Minggu (15/6), Amerika Serikat di usia 82 tahun.

Laman Voa Indonesia, Senin (16/6) melaporkan pria bernama asli Kemal Amin Kasem sebelumnya menderita Lewy Body Disease, penyakit sejenis demensia. Pada 2013 juga disebut anaknya telah menderita karena penyakit parkinson stadium lanjut.

Kasem lahir pada 1932 di Detroit sebagai anak dari imigran Lebanon. Sebagai imigran, ia sukses meniti karirnya di dunia penyiaran.

Dia memulai karirnya di bidang penyiaran di klub radio di SMA Northwestern di Detroit. Dunia penyiaran dianggap cocok bagi dirinya dan kemudian menjadi penyiar profesional untuk radio WJBK di kota yang sama.

Puncak karir Kasem saat membawa acara “American Top 40” yang dimulai pada 4 Juli 1970 di Los Angeles sampai ia pensiun total pada 2009. Acara yang paling diminati ini membuatnya terkenal.

Acara Kasem didengar di lebih dari 1.000 stasiun radio, termasuk Radio Pasukan Bersenjata, di sekitar 50 negara bagian Amerika Serikat.

"Saya menyorot hal-hal positif dan menghilangkan hal negatif. Itu hal yang abadi," ujar Kasem pada The New York Times pada 1990. (awa/jpnn)

 

Casey Kasem, pengisi suara Shaggy dalam kartun "Scooby Doo" meninggal dunia. Ia wafat pada Minggu (15/6), Amerika Serikat di usia 82 tahun.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News