Pengisian PDSS Ditutup, Siswa Peminat SNMPTN Naik

Pengisian PDSS Ditutup, Siswa Peminat SNMPTN Naik
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengisian pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) sebagai tahapan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2018 ditutup Senin malam (12/2) pukul 23.59 WIB.

Hasil rekapitulasi menunjukkan terjadi peningkatan peminat masuk PTN melalui jalur tanpa ujian ini. Pendaftaran resmi SNMPTN bakal dibuka pada 21 Februari 2018.

Hasil rekapitulasi panitia SNMPTN 2018 menyebutkan saat ditutup jumlah sekolah yang sudah mengisi data dan finalisasi mencapai 16.049 sekolah. Kemudian jumlah siswa yang melakuan verifikasi tercatat ada 1.118.137 siswa.

Jumlah siswa terverifikasi itu lebih banyak dibandingkan periode 2017 yang terdata ada 1.006.158 siswa. Ini menunjukkan peminat SNMPTN tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu.

Ketua Umum SNMPTN 2018 Ravik Karsidi menjelaskan jumlah siswa yang terverifikasi itu berpotensi naik. Sebab panitia masih menunggu data verifikasi siswa dari lima kabupaten di Papua sampai 15 Februari pukul 20 WIB.

Kelima kabupaten di Papua itu adalah Mimika, Asmat, Merauke, Boven Digoel, dan Mappi.

Ravik yang juga Rektor UNS Solo itu itu menjelaskan, secara umum validasi dan verifikasi PDSS SNMPTN ditutup Senin malam (12/2).

Namun ternyata di lima kabupaten itu akses internetnya lemot atau lambat. Sehingga panitia memutuskan memberikan perpanjangan waktu supaya tidak ada yang dirugikan.

Pengisian PDSS sudah resmi ditutup, pendaftaran SNMPTN Tahun 2018 dimulai 21 Februari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News