Pengukur Air Katulampa Hanyut

Pengukur Air Katulampa Hanyut
Pengukur Air Katulampa Hanyut
BOGOR--Pintu penguras air di bendungan Katulampa mengalami kerusakan. Derasnya arus air akibat hujan deras yang melanda Bogor pada Jumat (12/2) sore hingga malam juga menghanyutkan alat ukur air otomatis (water level otomatic). Alat ini ini digunakan untuk melihat debit air dari posko.

“Akibat dari naiknya debit air, alat ukur air otomatis pun rusak terbawa arus sungai. Jadi, kami tidak bisa melihat ukuran debit air melalui posko,” ujar Andi Sudirman, petugas pintu air Katulampa, kepada Radar Bogor, kemarin.

Andi menjelaskan, air hujan yang melintasi Bendungan Katulampa dengan debit yang tinggi dan arusnya yang deras juga merusak pintu penguras air di bendungan tersebut.  Kerusakan disebabkan luapan air Sungai Ciliwung yang sangat deras. Pintu penguras air itu retak. “Kami baru mengetahui (kerusakan) itu setelah air menyusut,” ujar Andi Sudirman.

Andi meyakinkan bahwa  kerusakan pintu air tersebut tidak berdampak pada kemampuannya dalam menampung air. Dia mengatakan hanya bagian kecil yang mengalami keretakan dan kemarin telah dilakukan pengelasan. “Meski begitu, kami tetap waspada jika arus air tidak terbendung lagi,” imbuhnya. Andi menjelaskan, kerusakan dua fasilitas di Bendungan Katulampa itu sudah dilaporkan ke Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA).

BOGOR--Pintu penguras air di bendungan Katulampa mengalami kerusakan. Derasnya arus air akibat hujan deras yang melanda Bogor pada Jumat (12/2) sore

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News