Pengumuman PPKM dari Pak Luhut Binsar soal Situasi Terkini Pandemi

Pengumuman PPKM dari Pak Luhut Binsar soal Situasi Terkini Pandemi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hasil evaluasi PPKM Jawa-Bali dan situasi terkini pandemi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hasil evaluasi PPKM Jawa-Bali dan situasi terkini pandemi Covid-19.

Menurut dia, situasi terkini pandemi Covid-19 terus menunjukkan perbaikan satu minggu belakangan ini.

"Kasus konfirmasi harian nasional turun 98,4 persen dan kasus konfirmasi Jawa-Bali juga menunjukan penurunan hingga 98,9 persen dari puncaknya pada 15 Juli lalu," ujar Luhut dalam jumpa pers PPKM, Senin (11/10).

Luhut mengatakan selain membaiknya kasus harian, jumlah kematian harian di Indonesia juga terus mengalami penurunan.

Pada 10 Oktober hanya terdapat kasus kematian sebesar 39 untuk nasional dan 17 untuk wilayah Jawa dan Bali.

Dibandingkan dengan negara-negara tetangga di ASEAN, kasus Indonesia termasuk yang terendah.

"Covid-19 Recovery Index Indonesia yang dirilis oleh NIKKEI menunjukkan peringkat Indonesia sudah jauh lebih baik dibandingkan Singapura, Malaysia, hingga Thailand," kata dia.

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu menyebutkan dalam evaluasi mingguan hari ini, syarat minimum cakupan vaksinasi lansia untuk penurunan level PPKM dari 3 ke 2 dan 2 ke 1 yang diberlakukan sejak 13 September 2021 mampu mendongkrak kecepatan vaksinasi lansia di Jawa dan Bali secara signifikan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hasil evaluasi PPKM Jawa-Bali dan situasi terkini pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News