Pengumuman! Varian Delta Plus Telah Ditemukan India

Pengumuman! Varian Delta Plus Telah Ditemukan India
Jumlah kasus COVID-19 di India menurun dalam tiga bulan terakhir namun kematian tiap hari masih di atas seribu orang. (Reuters: Samuel Rajkumar)

India mendeklarasikan adanya varian virus corona baru yang disebut varian "Delta Plus".

Pengumuman ini dikeluarkan saat India pernah mencatat jumlah vaksinasi terbanyak mencapai 8,6 juta orang dalam sehari, Senin kemarin.

Menurut Menteri Kesehatan India, Rajesh Bhushan, varian Delta Plus sudah ditemukan di 16 orang di negara bagian Maharastra, Kerala dan Madya Pradesh.

Menteri Rajesh mengatakan varian Delta Plus menunjukkan tingkat penularan yang lebih tinggi dibandingkan varian Delta sebelumnya.

Ia juga mendesak setiap negara bagian meningkatkan jumlah pengetesan.

India sudah menawarkan vaksinasi gratis bagi seluruh warga dewasa, namun para pakar kesehatan meragukan apakah tingkat vaksinasi seperti itu bisa berpacu dengan kecepatan penularan.

"Ini jelas tidak akan bisa dipertahankan," kata Chandrakant Lahariya, pakar sistem kesehatan dan kebijakan publik kepada kantor berita Reuters.

"Dengan jumlah sebanyak itu sehari, banyak negara bagian hampir menghabiskan pasokan vaksin mereka, yang akan mempengaruhi tingkat vaksinasi di hari-hari berikutnya."

Pemerintah India mendeklarasikan adanya COVID-19 varian baru yang disebut varian Delta Plus

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News